Memiliki Mata Mirip Kucing? Waspada Kanker Retinoblastoma

Memiliki Mata Mirip Kucing? Waspada Kanker Retinoblastoma : Nadiguru.web.id – Apakah dari Anda pernah melihat mata seseorang anak seperti halnya mata kucing (mirip mata kucing)? Atau apakah Anda punya saudarayang masih anak-anak dan matanya mirip kucing? Jika iya, Anda jangan berbangga diri karena telah melihat mata seseorang tersebut yang mirip seperti mata kucing. Pasalnya, justru hal itu harus diwaspai.

Memiliki Mata Mirip Kucing? Waspada Kanker Retinoblastoma
Ilustrasi pemeriksaan mata anak sumber foto : Kompas

Alasannya, sebagaimana yang Nadi Guru kutip dari laman Kompas baru-baru ini bahwa ternyata, selain leukemia ada kanker mata atau juga disebut sebagai retinoblastoma ternyata juga tak sedikit bisa dijumpai pada anak-anak.
Penyakit semacam ini biasanya seringkali tidak disadari dan juga tumor ganas yang tumbuh di retina mata bisa saja menyebar kepada organ yang lainnya.
Menurut ahli onkologi anak dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA (K), bahwa retinoblastoma dapat dialami oleh seorang anak yang usianya masih di bawah dari 5 tahun. Apa saja yang menjadi gejalanya? Edi mengatakan bahwa gejala khas dari retinoblastoma adalah mata anak itu seperti “mata kucing”.

"Tampak bintik putih pada bagian hitam bola mata, tampak matanya seperti mata kucing," jelas Edi dalam diskusi memperingati Hari Kanker Anak Sedunia di Jakarta, Senin (20/2/2017)yang dilansir dari Kompas.

Bintik putih itu adalah sebagai tumor yang tumbuh di mata seorang anak. bukan hanya itu saja, mata anak juga dapat terlihat tampak merah, gangguan terhadap penglihatan, atau juga terlihat juling. Apabila mata merah pada anak dan juga tak sembuh-sembuh dalam waktu yang lebih dari tiga hari, maka harus diwaspadai.
Selain itu, apabila muncul juga beberapa gejala seperti itu pada anak, maka janganlah pernah ragu untuk memeriksakan anak tersebut kepada dokter. Apalagi, jika pada waktu sebelumnya terdapat suatu riwayat yang orangtua ataupun anak yang kena oleh penyakit retinoblastoma. Pasalnya, retinoblastoma pun juga ternyata dipengaruhi oleh faktor genetik.
Akan tetapi, sebaiknya Anda pun jangan tunggu hingga gejala itu muncul. Namun, Anda harus rajin memeriksa mata anak hingga sampai usia 5 tahun.
Sebab, Edi mengatakan bahwa retinoblastoma merupakan satu-satunya jenis kanker pada anak yang dapat dideteksi sejak dini. Namun, hingga saat ini kanker terhadap anak tak bisa dicegah.
Sebenarnya, penyakit retinoblastoma bisa terdeteksi dengan menggunakan alat ophtalmoscop dengan melakukan pemeriksaan ‘lihat merah’ terhadap mata si anak. Apabila memang tak terlihat pantulan yang berwarna merah dari mata seorang anak melalui alat ophtalmoscope. Maka, anak itupun perlu untuk menjalani sebuah pemeriksaan mata yang lebih lanjut.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Memiliki Mata Mirip Kucing? Waspada Pada Kanker Retinoblastoma. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Memiliki Mata Mirip Kucing? Waspada Kanker Retinoblastoma
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...