Hot News : Ini Penjelasan BMKG Terkait Hebohnya Fenomena Equinox “Suhu Udara Mencapai 40 Derajat Celcius”

loading...
loading...
Hebohnya Fenomena Equinox : Belakangan ini beredar sebuah kabar yang mengatakan bahwa suhu udara di Indonesia dapat mencapai 400 celcius ketika terjadi fenomena “Equinox” yang diperkirakan akan terjadi pada beberapa hari ke depan. Kabarnya, Fenomena tersebut akan terjadi ketika paparan sinar Matahari tepat berada di atas “garis khatulistiwa” pada tanggal 20 Maret. Masyarakat pun diminta untuk tetap menjaga diri, supaya tidak dehidrasi yakni dengan minum yang banyak dan juga mengontrol tekanan darah.

Hot News : Ini Penjelasan BMKG Terkait Hebohnya Fenomena Equinox “Suhu Udara Mencapai 40 Derajat Celcius”
Apa yang sebenarnya akan terjadi?
Berdasarkan informasi dari Tribunnews, berikut ini adalah penjelasan dari Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko.
Hary Tirto Djatmiko memberikan penjelasan bahwa merupakan suatu fenomena astronomi Matahari yang melintasi garis khatulistiwa dan secara periodic akan berlangsung selama dua kali dalam setahun, yakni pada tanggal 21 Maret dan juga 23 September.
Ketika fenomena “equinox” ini terjadi di luar bagian Bumi hampir relatif sama, termasuk juga wilayah yang terdapat di subtropis utara maupun juga selatan.

"Keberadaan fenomena tersebut tidak sellu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36°C," ujar Hary.

Hary menambahkan, bahwa equinox katanya bukan merupakan sebuah fenomena seperti layaknya “HeatWave” yang terjadi di daerah Afrika maupun juga di Timur Tengah yang bisa mengakibatkan meningkatnya suhu udara dengan besar dan bertahan lama.

“Menyikapi hal ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang,” katannya.

Hary pun menegaskan bahwa secara umum kondisi cuaca di wilayah Indonesia memiliki kecenderungan masih lembab (basah). Pada waktu sekarang, beberapa wilayah di Indonesia tengah memasuki masa transisi (pancaroba).

Saran yang diberikan oleh Hary untuk menyikapi fenomena tersebut yakni masyarakat harus tetap melakukan antisipasi terhadap kondisi cuaca yang cukup panas yaitu dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga, masyarakat harus tetap menjaga kesehatan keluarga maupun juga lingkungan.
loading...

Artikel Terkait

Hot News : Ini Penjelasan BMKG Terkait Hebohnya Fenomena Equinox “Suhu Udara Mencapai 40 Derajat Celcius”
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!