Benda dan Sifatnya : Konduksi, Konduktor dan Isolator

Benda dan Sifatnya : Konduksi, Konduktor dan Isolator

Coba perhatikan gambar di atas! Mengapa air di dalam cerek dan minyak di dalam wajan bisa panas padahal tidak terkena api secara langsung? Bagaimana cara kamu untuk mengangkat atau memindahkan panci, cerek atau wajan agar tangan kamu tidak panas?

#1. Konduksi
Benda dan Sifatnya : Konduksi, Konduktor dan Isolator
Jika kamu memanaskan salah satu ujung sebatang besi dan ujung yang lainnya kamu pegang seperti pada gambar di bawah ini, apa yang terjadi dan apa yang terasa? Ujung besi yang kamu pegang semakin lama terasa semakin panas. Hal ini berarti ada panas yang berpindah dari ujung yang dipanasi ke ujung yang dipegang. Perpindahan panas seperti ini dinamakan konduksi.
Konduksi adalah peristiwa perpindahan panas dari zat yang bersuhu tinggi ke zat yang bersuhu rendah melalui suatu bahan penghantar.

#2. Konduktor dan Isolator
Ketika benda mendapat panas, ada benda yang cepat menjadi panas, namun ada benda yang tidak cepat menjadi panas atau tidak panas.
Benda yang cepat panas berarti benda itu menghantarkan panas dengan baik. Benda yang tidak cepat menjadi panas atau tidak panas, berarti benda itu tidak menghantarkan panas dengan baik.
Berdasarkan sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima, benda dibedakan menjadi 2 macam, yaitu konduktor dan  isolator.
Konduktor panas adalah benda-benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik atau cepat menghantarkan panas.
Isolator panas adalah benda-benda yang tidak dapat atau tidak cepat menghantarkan panas.

Adapun benda yang termasuk konduktor adalah benda dari bahan logam. Jenis-jenis logam yang ada di sekitar kita banyak sekali, antara lain besi, baja, aluminium, kuningan, tembaga, seng, dan
sebagainya. Sementara benda yang termasuk isolator adalah lemari kayu, meja kayu, papan tulis, kain, plastik, dan sebagainya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Benda dan Sifatnya : Konduksi, Konduktor dan Isolator. Materi di atas bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI, dengan hak cipta milik Depdiknas. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

Artikel Terkait

Benda dan Sifatnya : Konduksi, Konduktor dan Isolator
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!