Ciri-ciri Perkembangan Fisik Anak Laki-laki dan Perempuan

Anak laki-laki dan perempuan, perkembangan dalam fisiknya berbeda. Semua itu sudah menjadi kodrat dan kehendak dari sang pencipta, Alloh Swt. Di bawah ini adalah beberapa cirri-ciri perkembangan fisik pada anak laki-laki dan perempuan.

1. Ciri-Ciri Perkembangan Fisik Anak Laki-Laki
Selama masa pubertas, yaitu usia remaja, laki-laki mengalami pertumbuhan yang pesat. Tubuhnya bertambah tinggi dengan cepat sampai usia 20 tahun. Pada umumnya setelah usia itu, tubuh manusia tidak bertambah tinggi lagi.
Pada masa pubertas, setiap laki-laki mengalami perubahan dan pertumbuhan fisik.
Pada masa pubertas ini, laki-laki mengalami perubahan yaitu perubahan-perubahan fisik yang ditandai dengan ciri-ciri antara lain:
a. jakun tumbuh membesar,
b. kumis dan jenggot mulai tumbuh,
c. suara lebih besar,
d. dada terlihat bidang,
e. rambut di ketiak dan kemaluan mulai tumbuh, dan
f. organ kelamin membesar.

2. Ciri-Ciri Perkembangan Fisik Anak Perempuan
Pada masa pubertas, anak perempuan juga mengalami pertumbuhan yang pesat. Ciri-ciri perubahan pada anak perempuan ditandai dengan terjadinya menstruasi (haid). Haid menandakan bahwa alat reproduksi perempuan sudah berfungsi, yaitu  ovarium (indung telur) sudah dapat memproduksi sel kelamin betina (sel telur atau ovum). Tahukah kamu bagaimana proses menstruasi atau haid pada wanita?
Ciri-ciri Perkembangan Fisik Anak Laki-laki dan Perempuan

Berikut ini penjelasan proses menstruasi atau haid pada wanita. Pada saat sel telur diproduksi di dalam ovarium, terjadi penebalan pada dinding rahim yang berisi pembuluh-pembuluh darah. Apabila telur yang diproduksi dalam ovarium sudah masak, maka akan keluar menuju tuba fallopi (saluran telur). Jika sel telur dalam saluran telur tidak berproduksi, maka sel telur akan mati dan keluar bersama dengan luruhnya dinding rahim. Peluruhan sel telur dari dinding rahim berbentuk cairan darah berwarna merah. Peristiwa peluruhan inilah yang disebut sebagai menstruasi (haid).
Selain itu, anak perempuan juga mengalami perubahan fisik yang ditandai dengan ciri-ciri antara lain:
a. payudara mulai tumbuh dan membesar,
b. pinggul membesar, dan
c. tumbuh rambut di ketiak dan kemaluan.

Demikian informasi yang disampaikan berkaitan dengan Ciri-ciri Perkembangan Fisik Anak Laki-laki dan Perempuan. Artikel ini bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI, dengan hak cipta milik Depdiknas. Mudah-mudahan pengetahuan tersebut bermanfaat. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

Artikel Terkait

Ciri-ciri Perkembangan Fisik Anak Laki-laki dan Perempuan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...