Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia dari Bayi Sampai Lanjut Usia

loading...
loading...
Perkembangan dan pertumbuhan pada manusia dapat dibedakan menjadi dua tahap, yaitu tahap sebelum lahir dan tahap sesudah lahir. Perkembangan sebelum lahir terjadi di dalam rahim ibu. Sedangkan perkembangan setelah lahir dibedakan menjadi  5 tahap, yaitu masa bayi, masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa lanjut usia.

1. Masa Bayi
Masa bayi dimulai dari lahir hingga usia 2 tahun. Pada masa awal kelahiran hingga berusia 1 tahun, bayi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada usia 3 bulan, bayi sudah bisa membalikkan tubuhnya dan pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat duduk. Pada usia 8 – 10 bulan, bayi dapat merangkak dan menegakkan diri sendiri. Pada usia 12 – 18 bulan, anak sudah dapat berjalan sendiri tanpa dibantu.



2. Masa Anak-Anak
Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia dari Bayi Sampai Lanjut Usia
Setelah usia 2 – 5 tahun disebut masa kanak-kanak atau balita. Pada usia ini anak sudah mampu berbicara dan mengenal lingkungannya. Setelah usia 5 tahun, anak sudah mampu bersosialisasi dan mulai sekolah. Masa ini merupakan masa anak-anak, yaitu masa anak mengalami perkembangan yang luar biasa. Anak dapat berbicara dan berkomunikasi dengan sesamanya. Kerja otaknya makin baik sehingga anak mulai dapat berpikir dan bersikap.

3. Masa Remaja
Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia dari Bayi Sampai Lanjut Usia
Setelah mengalami masa anak-anak, manusia mengalami masa remaja. Saat masa remaja, manusia berusia belasan tahun. Pada masa peralihan dari anak-anak menuju remaja, manusia mengalami pertumbuhan dan pekembangan penting menyangkut organ reproduksi (alat perkembangbiakan). Masa ini sering disebut masa pubertas atau akil balig.
Pada anak perempuan, pubertas berlangsung antara usia 9 – 13 tahun. Pada masa tersebut anak perempuan mengalami perubahan fisik dan psikologis yang berkaitan dengan perkembangan organ-organ reproduksinya.
Pada anak laki-laki, pubertas berlangsung antara usia 10 – 14 tahun. Pada masa tersebut anak laki-laki juga mengalami perubahan fisik. Pada masa remaja ini manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

4. Masa Dewasa
Setelah akhir masa remaja, manusia mengalami masa dewasa. Pada masa ini pertumbuhan manusia sudah sampai pada puncaknya. Pada manusia dewasa, kerja otaknya berfungsi amat baik sehingga dapat memutuskan dan melaksanakan pilihan terbaik dalam hidupnya.

5. Masa Lanjut Usia
Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia dari Bayi Sampai Lanjut Usia
Setelah itu usia manusia terus bertambah hingga memasuki masa lanjut usia, yaitu setelah melewati usia 50 tahun. Pada masa ini merupakan masa akhir dari perkembangan manusia. Pada masa lanjut usia atau masa tua inilah kemampuan organ-organ tubuh mulai mengalami penurunan, gerakan mulai lebih lambat dan lebih mudah lelah.
Pada masa ini wanita akan mengalami menopause (berhentinya menstruasi) dan sudah tidak dapat melahirkan. Orang usia lanjut perlu mendapat istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh, karena mudah diserang penyakit.


Demikian informasi yang disampaikan berkaitan dengan Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia dari Bayi Sampai Lanjut Usia. Artikel ini bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI, dengan hak cipta milik Depdiknas. Mudah-mudahan pengetahuan tersebut bermanfaat. Selamat belajar dan semoga sukses!!!
loading...

Artikel Terkait

Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia dari Bayi Sampai Lanjut Usia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!