Perkembangbiakan Manusia

Untuk melestarikan jenisnya, manusia berkembangbiak. Perkembangbiakan manusia dilakukan melalui perkawinan dan dengan cara melahirkan. Perkembangbiakan manusia diawali dengan peleburan antara sel kelamin jantan (spermatozoa) yang dihasilkan dari laki-laki (ayah) dengan sel telur (ovum) yang dihasilkan dari perempuan (ibu).
Peleburan (bersatunya) sel telur dan sel sperma disebut pembuahan. Dari hasil pembuahan terbentuklah zigot. Zigot berkembang menjadi embrio yang tertanam di dalam rahim ibu. Di dalam rahim, embrio berkembang menjadi janin (calon bayi). Janin memperoleh makanan dan oksigen dari tubuh ibu melalui plasenta (ari-ari) yang dihubungkan melalui tali pusar.
Perkembangbiakan Manusia : Perkembangan janin dalam kandungan
Gambar Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Selama terjadi perkembangan embrio di dalam rahim, wanita mengalami masa kehamilan. Semakin hari pertumbuhan janin semakin besar sehingga perut ibu hamil terlihat makin besar. Setelah perkembangan janin sempurna, bayi siap dilahirkan. Masa kehamilan seorang perempuan kurang lebih 9 bulan (40 minggu).
Setelah dilahirkan bayi, mendapat makanan utama berupa air susu ibu (ASI). ASI mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh sehat.

Demikian informasi yang disampaikan berkaitan dengan Perkembangbiakan Manusia. Artikel ini bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI, dengan hak cipta milik Depdiknas. Mudah-mudahan pengetahuan tersebut bermanfaat. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

Artikel Terkait

Perkembangbiakan Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...