NADI GURU BLOG

Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka)

Posted by Dede Taufik on Monday, 24 April 2017

Ada beberapa jenis tumbuhan yang mulai sulit dijumpai saat ini, baik tumbuhan yang ada di kebun maupun yang ada di hutan. Termasuk ke dalam kelompok tumbuhan yang sudah langka di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Cendana
Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka)
Cendana adalah tumbuhan berbatang kayu. Kulit batangnya berwarna cokelat tua. Kayu dari pohon cendana berwarna putih kekuningan. Dalam keadaan kering, kayu ini memiliki bau yang harum, sehingga banyak digunakan oleh manusia sebagai bahan membuat kerajinan. Selain itu cendana dapat diolah menjadi minyak cendana yang harum baunya. Cendana terdapat di hutan Sumba, Sulawesi, dan Jawa Timur. Cendana merupakan tumbuhan yang sudah langka.


2. Bunga Bangkai
Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka)
Bunga bangkai pada saat mekar tingginya bisa mencapai kurang lebih 2 meter dengan lebar mahkota bunga kurang lebih 1,5 meter. Bunga bangkai berwarna merah. Pada saat mekar, bunga bangkai mengeluarkan bau busuk. Secara alami bunga bangkai hidup atau tumbuh di hutan Sumatra. Bunga bangkai termasuk tumbuhan langka dan dilindungi.

3.   Bunga Raflesia
Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka)
Bunga Eaflesia juga memiliki ukuran yang besar dan mengeluarkan bau busuk, meskipun sebenarnya bunga ini memiliki warna yang indah. Bunga Raflesia banyak hidup di hutan Sumatra dan Kalimantan. Garis tengah bunga Raflesia antara 30 cm sampai 50 cm. Bunga Raflesia biasanya berwarna merah dengan bintik-bintik putih. Dinding bagian dalam dari bunga ini terdapat rambut-rambut halus yang disebut ramenta.
Bunga Raflesia bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat. Bunga ini termasuk bunga langka dan dilindungi.

4. Buah Jamblang
Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka)
Buah Jamblang di Jawa Tengah disebut  duwet. Apabila masak, buah jamblang berwarna hitam dan bila belum masak berwarna merah. Di beberapa daerah, buah ini mungkin masih banyak
dibudidayakan, tetapi secara luas sudah sulit ditemukan.

5. Buah Kesemek
Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka)
Bagian luar bauh kesemek sering ditaburi dengan kapur yang dihaluskan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sepet. Bentuk kesemek seperti buah apel. Buah ini semakin sulit didapatkan. Manusia kurang berminat mengembangbiakkan tumbuhan ini karena rasanya yang kurang enak bila dibandingkan dengan apel.






Demikian informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan (Langka). Materi di atas bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI, dengan hak cipta milik Depdiknas. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

Previous
« Prev Post

Related Posts

19:09:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!