NADI GURU BLOG

Perubahan Metabolisme Tubuh Seiring Usia Kita Bertambah

Posted by Dede Taufik on Wednesday, 13 September 2017

Nadi Guru : Perubahan Metabolisme Tubuh - Tahukah Anda jika metabolisme tubuh kita bisa mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia? Pada umumnya, tak sedikit yang diketahui bahwa semakin umur kita tua, maka metabolisme tubuh pun akan semakin melambat.
Benarkah demikian? Dilansir dari laman boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.
Perubahan Metabolisme Tubuh Seiring Usia Kita Bertambah

Usia 20-an
Pada usia ini, metabolisme tubuh ada pada puncaknya. Walapun demikian kamu mengonsumsi makanan tinggi kalori, tetapi tubuh cenderung bisa membakarnya lebih cepat tanpa meninggalkan jejak lemak yang tak diinginkan.

Usia 30-an
Di usia 30-an, metabolisme tubuh kita mulai banyak mengalami perubahan menjadi sedikit lebih perlahan. Pada saat metabolisme melambat, maka banyak fungsi tubuh yang juga cenderung melambat. Proses membakar lemak tak sesempurna pada waktu kita masih muda. Di usia inilah kita juga meski bekerja lebih keras guna mempertahankan massa otot.

Usia 40-an
Pada saat memasuki usia 40-an, metabolisme akan menjadi lambat secara drastis. Begitu juga dengan tingkat hormonal tubuh. Hal ini dapat juga memengaruhi siklus reproduksi hingga menyerang libido.

Usia 50-an
Pada kaum wanita, metabolisme tubuh yang melambat bisa membuat mereka mengalami menopause. Saat itulah kenaikan berat badan secara signifikan mulai terjadi. Sementara pada kaum pria, mereka pun juga akan kehilangan massa otot dan juga akumulasi lemak menjadi naik. Mereka pun akan menjadi mudah lelah.
Metabolisme tubuh yang melambat memang tidak bisa dilawan. Tetapi, kamu harus bisa meminimalkan dampak buruknya yang disebabkan oleh semua itu dengan cara selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Demikian informasi tentang Perubahan Metabolisme Tubuh Seiring Usia Kita Bertambah yang bersumber dari Merdeka.com. Semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Related Posts

20:00:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!