Hari Batik Nasional, Yuk Pakai Batik!

Hari Batik Nasional, diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia dalam rangka memperingati ditetapkannya batik sebagai ‘Warisan Kemanusiaan’ untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.
Hari Batik Nasional, Yuk Pakai Batik!
Sumber gambar : nickyluveeyore.deviantart.com
Pada tanggal 2 Oktober, masyarakat disarankan untuk mengenakan batik. Baik untuk lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah maupun juga pegawai BUMN. Selain itu, pegawai swasta dan pelajar juga disarankan untuk mengenakan batik.
Tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dipilih berdasarkan keputusan dari UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi terhadap dunia Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan. Dimana, secara resmi mengakui bahwa batik Indonesia merupakan warisan budaya dunia.
Batik, dimasukkan oleh UNESCO dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik adalah sebuah pengakuan internasional pada budaya Indonesia.
Dengan begitu pada tanggal 2 Oktober, kita sebagai masyarakat Indonesia saling mengingatkan untuk mengenakan batik. Hal itu, agar batik menjadi sebuah warisan yang tetap dilestarikan dan keberadaannya tetap terjaga. (Sumber : Wikipedia)

Selamat Hari Batik Nasional! Yuk, kita gunakan batik secara serempat di tanggal 2 Oktober!

Artikel Terkait

Hari Batik Nasional, Yuk Pakai Batik!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...