NADI GURU BLOG

Mari Kenali Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Hingga Makanan yang Dilarang

Posted by Dede Taufik on Friday, 10 November 2017

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi : Kolestrol merupakan lemak yang ada pada aliran darah atau juga sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel.
Mari Kenali Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Hingga Makanan yang Dilarang

Selain itu, digunakan pula sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun, jika kadar kolestrol dalam darahnya berlebihan. Maka, hal itu bisa mengakibatkan penyakit, termasuk juga penyakit jantung koroner dan stroke.
Dalam keadaan normal, seseorang memiliki kadar kolesterol 160-200 mg dan juga dapat dikatakan dalam fase yang berbahaya jika lebih dari 240 mg yang bisa mengakibatkan stroke.

Total Kolesterol
< 200 mg/dl ---- ideal
200-239 mg/dl ---- ambang batas resiko tinggi
240 > ---- risiko tinggi

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi
Pasti kita tak mau mengambil resiko mengalami berbagai penyakit yang dikarenakan kolesterol,. Dengan begitu, kita harus mewaspadai cirri-ciri kolesterol yang tinggi sejak dini. Adapun cirri-ciri kolesterol tinggi adalah sebagai berikut.

#1. Mengalami nyeri leher dan punggung
Seseorang yang berkolesterol tinggi, biasanya akan mengalami nyeri pada area leher dan juga pada area punggung. Kondisi seperti ini karena disebabkan oleh munculnya tekanan darah tinggi yang muncul secara bersamaan.

#2. Kesemutan
Biasanya, kesemutan itu terjadi karena seseorang itu duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah. Sering merasa kesemutan adalah salah satu ciri dari penyakit kolesterol tinggi.

#3. Sering mual dan muntah
Mual dan muntah, terjadi karena saluran pencernaan terganggu, penyakit kolesterol tinggilah yang mengakibatkan terjadinya gangguan pada saluran pencernaan. Biasanya, akibat yang akan ditimbulkannya adalah sering mengalami mual dan muntah.

#4. Hilangnya keseimbangan
Biasanya orang yang menderita kolesterol tinggi akan mengalami rasa tidak nyaman, kondisi tersebut biasanya mengakibatkan hilangnya keseimbangan, apabila kondisi ini terjadi biasanya otot otot akan menjadi lemah.

#5. Tubuh yang sangat lelah
Biasanya, seseorang yang menderita penyakit kolesterol tinggi akan mengalami kekurangan pasokan aliran darah dan juga kekurangan oksigen. Kondisi seperti ini, bisa menimbulkan tubuh akan menjadi lemah.

#6. Sakit kepala
Apakah Anda seirng merasakan sakit kepala? Jika iya hati-hati ya! Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada orang yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Dimana, kondisi tekanan darahnya sudah sangat tinggi. Maka, apabila Anda mengalami kondisi seperti ini kemungkinan besar anda mengalami kolesterol tinggi.

#7. Emosi yang tak stabil
Perlu anda ketahui, jika orang yang mengalami kolesterol tinggi. Biasanya, akan mengalami perbuahan emosi, misalnya saja adalah mudah sekali untuk marah padahal penyebabnya sepele.

#8. Mengalami sakit kaki dan tangan
Sering mengalami sakit kaki dan tangan juga merupakan salah satu cirri kolesterol tinggi. jadi, apabila anda mengalami kondisi tersebut segeralah lakukan pemeriksaan.

#9. Wajah merah
Pada kasus yang serius, khususnya orang yang menderita penyakit hipertensi. Biasanya, akan berakibat pada membesarnya pembuluh darah. Dimana, kondisi tersebut bisa menyebabkan wajah orang yang mengalaminya akan menjadi merah.

#10. Otot kaki lemah
Mengalami lemah pada otot kaki juga merupakan salah satu ciri dari penyakit kolesterol tinggi, kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena kurangnya pasokan darah ke otot kaki sehingga mengakibatkan otot kaki menjadi lemah.

#11. Nyeri dada
Jika dari Anda ada yang mengalami kondisi nyeri dada yang tak wajar, segeralah lakukan pemeriksaan supaya tingkat kadar kolesterol tak bertambah tinggi.

#12. Sulit bernafas
Secara umum, kesulitan untuk bernafas adalah salah satu ciri umum penyakit asma. Namun, mengalami kesulitan bernafas merupakan salahsatu ciri dari penyakit kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.
Jika banyak cirri-ciri di atas yang Anda alami sendiri. Segera periksakan diri Anda kepada dokter.

Makanan yang Dilarang
Beberapa makanan yang meski dihindari oleh seseorang yang mengalami kolesterol tinggi adalah sebagai berikut.
Goreng-gorengan, mentega
Susu lemak tinggi, sosis atau keju,
Gajih sapi, gajih kambing, dan daging sapi berlemak,
Kepiting, kerang, udang, belut, siput memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Selain itu, makanan yang dilarang untuk dimakan karena mengandung kolesterol yang sangat tinggi adalah sebagai berikut :
Kuning telur,
Cumi-cumi,
Telur Puyuh,
Otak sapi.

Referensi :
http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/12/19/ciri-ciri-kolesterol-tinggi-dan-cara-mengatasinya
https://artikesehatan.wordpress.com/kolestrol/
http://penyakitkolesterol.org/

Demikian informasi tentang Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Hingga Makanan yang Dilarang. Semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:05:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!