Kumpulan
Soal IPA Kelas 6 SD Semester 1 dan 2 : Salah satu mata
pelajaran yang diajarkan di jenjang sekolah dasar (SD) adalah IPA atau Ilmu
Pengetahuan Alam. Pelajaran ini sangat penting untuk diajarkan ke peserta
didik, karena berhubungan dengan alam dan lingkungannya. Kali ini, Nadi Guru
akan menyajikan kumpulan soal yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA kelas
6 SD, yang bisa Anda pelajari secara mandiri dan juga bantuan orangtua.
Adapun Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD
adalah sebagai berikut:
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 1
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 2
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 3
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 4
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 5
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 6
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 7
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 8
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 9
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 10
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 11
- Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 12
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan
dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan
yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga
merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana
bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta
prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan
sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman
langsung untuk mengembangkan kompetensi agar
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta
didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA
perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan
pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman
belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA
dan kompetensi bekerja ilmiah secara
bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan
secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan
berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek
penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan
pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan
pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan
keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat
dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
4.
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan
masalah dan membuat keputusan
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan
melestarikan lingkungan alam
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai
salah satu ciptaan Tuhan
7.
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk
melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk
SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.
1.
Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya
dengan lingkungan, serta kesehatan
2.
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
3.
Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik,
cahaya dan pesawat sederhana
4.
Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda
langit lainnya.
Semoga bermanfaat!!!